Wednesday 13 May 2015

Permasalahan Spul Motor/ Mencegah Sepul Motor CB 150R Meleleh atau Konslet


Bismillahhirahmanirahiim.. Assalamualaikum, selamat beraktifitas, selamat bersantai, dan selamat menimba ilmu untuk sobat otomotifsembilan semuanya..

Sekarang saya akan mencoba membagi ilmu tentang permasalahan yang sering para bikers temui di sepeda motor khususnya dalam bidang pengapian, lebih deteilnya lagi yang biasa kita sebut dengan SPUL. Dari hasil pembahasan bersama teman2 di komunitas motor, dan ilmu ini saya dapat dari Kang Heru (Ahli kelistrikan dari salah satu komunitas motor di Bandung).

Pada Motor CB 150R Soket spul Berada di bawah tangki sebelah kiri, yang ditutupirumah karet berwarna hitam legam..




                                                                     


 
Gambar Soket Spul motor CB 150R Normal/ORI




Okey lagsung saja kita bahas Sob..
Spul alias kumparan pengapian menyediakan sumber tegangan bolak-balik (AC), komponen ini khusus untuk pengapian CDI AC. Fungsinya sama seperti aki Cuma bedanya tegangannya searah (DC). spul putus atau terbakar tidak bisa memproduksi setrum sehingga bila komponen ini trouble mesin mati total,pertanda spul terbakar secara fisik nampak gosong seperti di gambar..



Gambar Soket Spul yang meleleh atau Gosong

berbeda pada CDI DC yg sumber tegangannya aki bila aki rusak mesin masih bisa dihidupkan asal sistem pengisian masih jalan sebab suplai listrik digantikan oleh spul yang arusnya terlebih dahulu diubah menjadi arus searah oleh kiprok, perlu diwaspadai bila aki tidak segera diganti sangat berbahaya terhadap CDI. soalnya output kiprok tidak murni arus searah bila dideteksi dengan Osciloscope ( alat ukur tegangan listrik dalam bentuk grafik ) masih terlihat adanya gelombang tegangan AC. kira2 begitulah pengertian secara garis besarnya..semoga tidak membingungkan ya... hahahaha

Pada dasarnya soket sepul yang meleleh ataupun gosong ini sangat berkemungkinan terjadi pada semua motor, baik itu motor yang masih standar (belum ada perubahan atau modifan) ataupun sangatt baru sekalipun.. berikut rangkuman beberapa penyebabnya diantaranya adalah adalah sbb:

1. Soket bisa gosong penyebab paling banyak karena soket kendor, kalau soket kendor maka hubungan antar terminal akan menimbulkan celah/jarak, nach gap ini akan menimbulkan percikan api. Semakin lama percikan api ini menimbulkan panas di soket sehingga soket bisa timbul gosong/terbakar/meleleh.

2.Soket sering kena basah air saat riding. Saat motor dicuci apalagi cuci motor pakai tekanan air tinggi seperti steam air mudah tembus ke celah sempit seperti soket dan pada saat kita riding dalam kondisi soket masih basah dan lama keringnya maka air yang bersifat konduktor bisa menimbulkan konslet ringan/ menimbulkan percikan api antar terminal. Jika air ini lama keringnya maka indikasi soket terbakar bisa terjadi.

3.Soket gosong karena kualitas terminalnya tidak kuat menahan arus listrik yang dilalui. Jika bahan soket tidak sesuai dengan kapasitas (melampaui batas tahanan dari terminal dan soket) maka soket dan terminal akan timbul panas dan semakin lama panas yang ditimbulkan akan melelehkan soket sehingga terlihat gosong.

4.Usia, suatu barang pasti ada masa pemakaiannya kalau usia motor semakin tua maka tingkat ketahanan sparepart semakin berkurang pula.

5.Ada kesalahan teknis dari pabrikan, untuk yang satu ini bisa dibilang kesalahan/kekurangan saat proses produksi biasanya kondisi yang diakibatkan timbulnya tidak akan lama dan jika masih dalam masa garansi maka sebaiknya segeralah minta klaim garansi ke bengkel resmi.

apabila masih ada yang kurang silahkan di shering disini gan, insyallah berkah gan.. haha

CARA PENANGGULANGAN SOKET SEPUL YANG MELELEH ATAU GOSONG

1. Ganti rumah soket sepul dengan bahan yang lebih tahan panas, seperti bahan keramik, plastik yang berkualitas ataupun yang lainnya




Saya sarankan lebih baik untuk mengganti soket atau rumah soket spulnya. hal ini karena bedasarkan hasil dari pembahasan dengan teman2, soket spul ori CB 150R memang dirasa kurang bagus dari segi tertentu, maka dari itu coba carilah soket yang agak lebih bagus, disini kami menggunakan soket spul yang berbaud untuk menghindari kelogoran kabel2nya, selain itu spul yang kami gunakan ini sudah cukup teruji selama 6bulan oleh kang heru dan alhamdulillah motor sehatwalafiat tanpa ada kendala. harga cuma berkisar dibawah 20rb kebawah untuk wilayah BDG (tergantung penjual)




 Perhatikan Gambar berikut, ini adalah tataletak kabel dari soket spul yang ori yang nanntinya akan kita rubah

2. Sambungkan Secara Langsung

  • Melilitkan Kabel harus benar-benar sangat kuat
  • jika memungkinkan sangat saya recomendasikan untuk di solder
  • jika kabel disambung dengan adanya tabahan lain, maka ukuran sambungan kabel tersebut tidak boleh kurang dari kabel bawaanya (kalau bisa lebih besar sedikitlah), hal ini agar daya yang keluar sesuai dengan yang dibutuhkan
  • lapisi ujung sambungan dengan selotip dan sejenisnya untuk menghindari ada kabel yang nyelonong pengen singgah ke kabel tetangganya..

Untuk Penempatan kabel kuning yang besar itu tidak ada tentuannya alias boleh sembarang, asal jangan ditimpa satu lubang rame2 aja ya..haha

Saran saya apabila ada rumah soket spul dari sobat disini yang udah robek sebaiknya secepatnya di ganti karna beberapa kejadian permasalahan dari soket spul yang meleleh ini awalnya bermula dari rumah soket spul yang robek. dan jangan lupa juga selalu perikasa kendaraan kita masing2 untuk menjaga keamanan, dan kenyamanan kita semua dalam berkendara..Cara ini sudah terbukti cukup ampuh untuk meminimalisir soket spul yang meleleh atau gosong, dan sudah di buktikan oleh beberapa anggota komunitas motor CB 150R di Bandung


Cukup sekian ilmu yang bisa saya bagikan, segalakekurangannya mohon di maafkan..
semoga bermanfaat untuk para bikers Sedunia.. Amiinn
Wassalamualaikum.............................................!