Wednesday 13 May 2015

Permasalahan Spul Motor/ Mencegah Sepul Motor CB 150R Meleleh atau Konslet


Bismillahhirahmanirahiim.. Assalamualaikum, selamat beraktifitas, selamat bersantai, dan selamat menimba ilmu untuk sobat otomotifsembilan semuanya..

Sekarang saya akan mencoba membagi ilmu tentang permasalahan yang sering para bikers temui di sepeda motor khususnya dalam bidang pengapian, lebih deteilnya lagi yang biasa kita sebut dengan SPUL. Dari hasil pembahasan bersama teman2 di komunitas motor, dan ilmu ini saya dapat dari Kang Heru (Ahli kelistrikan dari salah satu komunitas motor di Bandung).

Pada Motor CB 150R Soket spul Berada di bawah tangki sebelah kiri, yang ditutupirumah karet berwarna hitam legam..




                                                                     


 
Gambar Soket Spul motor CB 150R Normal/ORI




Okey lagsung saja kita bahas Sob..
Spul alias kumparan pengapian menyediakan sumber tegangan bolak-balik (AC), komponen ini khusus untuk pengapian CDI AC. Fungsinya sama seperti aki Cuma bedanya tegangannya searah (DC). spul putus atau terbakar tidak bisa memproduksi setrum sehingga bila komponen ini trouble mesin mati total,pertanda spul terbakar secara fisik nampak gosong seperti di gambar..



Gambar Soket Spul yang meleleh atau Gosong

berbeda pada CDI DC yg sumber tegangannya aki bila aki rusak mesin masih bisa dihidupkan asal sistem pengisian masih jalan sebab suplai listrik digantikan oleh spul yang arusnya terlebih dahulu diubah menjadi arus searah oleh kiprok, perlu diwaspadai bila aki tidak segera diganti sangat berbahaya terhadap CDI. soalnya output kiprok tidak murni arus searah bila dideteksi dengan Osciloscope ( alat ukur tegangan listrik dalam bentuk grafik ) masih terlihat adanya gelombang tegangan AC. kira2 begitulah pengertian secara garis besarnya..semoga tidak membingungkan ya... hahahaha

Pada dasarnya soket sepul yang meleleh ataupun gosong ini sangat berkemungkinan terjadi pada semua motor, baik itu motor yang masih standar (belum ada perubahan atau modifan) ataupun sangatt baru sekalipun.. berikut rangkuman beberapa penyebabnya diantaranya adalah adalah sbb:

1. Soket bisa gosong penyebab paling banyak karena soket kendor, kalau soket kendor maka hubungan antar terminal akan menimbulkan celah/jarak, nach gap ini akan menimbulkan percikan api. Semakin lama percikan api ini menimbulkan panas di soket sehingga soket bisa timbul gosong/terbakar/meleleh.

2.Soket sering kena basah air saat riding. Saat motor dicuci apalagi cuci motor pakai tekanan air tinggi seperti steam air mudah tembus ke celah sempit seperti soket dan pada saat kita riding dalam kondisi soket masih basah dan lama keringnya maka air yang bersifat konduktor bisa menimbulkan konslet ringan/ menimbulkan percikan api antar terminal. Jika air ini lama keringnya maka indikasi soket terbakar bisa terjadi.

3.Soket gosong karena kualitas terminalnya tidak kuat menahan arus listrik yang dilalui. Jika bahan soket tidak sesuai dengan kapasitas (melampaui batas tahanan dari terminal dan soket) maka soket dan terminal akan timbul panas dan semakin lama panas yang ditimbulkan akan melelehkan soket sehingga terlihat gosong.

4.Usia, suatu barang pasti ada masa pemakaiannya kalau usia motor semakin tua maka tingkat ketahanan sparepart semakin berkurang pula.

5.Ada kesalahan teknis dari pabrikan, untuk yang satu ini bisa dibilang kesalahan/kekurangan saat proses produksi biasanya kondisi yang diakibatkan timbulnya tidak akan lama dan jika masih dalam masa garansi maka sebaiknya segeralah minta klaim garansi ke bengkel resmi.

apabila masih ada yang kurang silahkan di shering disini gan, insyallah berkah gan.. haha

CARA PENANGGULANGAN SOKET SEPUL YANG MELELEH ATAU GOSONG

1. Ganti rumah soket sepul dengan bahan yang lebih tahan panas, seperti bahan keramik, plastik yang berkualitas ataupun yang lainnya




Saya sarankan lebih baik untuk mengganti soket atau rumah soket spulnya. hal ini karena bedasarkan hasil dari pembahasan dengan teman2, soket spul ori CB 150R memang dirasa kurang bagus dari segi tertentu, maka dari itu coba carilah soket yang agak lebih bagus, disini kami menggunakan soket spul yang berbaud untuk menghindari kelogoran kabel2nya, selain itu spul yang kami gunakan ini sudah cukup teruji selama 6bulan oleh kang heru dan alhamdulillah motor sehatwalafiat tanpa ada kendala. harga cuma berkisar dibawah 20rb kebawah untuk wilayah BDG (tergantung penjual)




 Perhatikan Gambar berikut, ini adalah tataletak kabel dari soket spul yang ori yang nanntinya akan kita rubah

2. Sambungkan Secara Langsung

  • Melilitkan Kabel harus benar-benar sangat kuat
  • jika memungkinkan sangat saya recomendasikan untuk di solder
  • jika kabel disambung dengan adanya tabahan lain, maka ukuran sambungan kabel tersebut tidak boleh kurang dari kabel bawaanya (kalau bisa lebih besar sedikitlah), hal ini agar daya yang keluar sesuai dengan yang dibutuhkan
  • lapisi ujung sambungan dengan selotip dan sejenisnya untuk menghindari ada kabel yang nyelonong pengen singgah ke kabel tetangganya..

Untuk Penempatan kabel kuning yang besar itu tidak ada tentuannya alias boleh sembarang, asal jangan ditimpa satu lubang rame2 aja ya..haha

Saran saya apabila ada rumah soket spul dari sobat disini yang udah robek sebaiknya secepatnya di ganti karna beberapa kejadian permasalahan dari soket spul yang meleleh ini awalnya bermula dari rumah soket spul yang robek. dan jangan lupa juga selalu perikasa kendaraan kita masing2 untuk menjaga keamanan, dan kenyamanan kita semua dalam berkendara..Cara ini sudah terbukti cukup ampuh untuk meminimalisir soket spul yang meleleh atau gosong, dan sudah di buktikan oleh beberapa anggota komunitas motor CB 150R di Bandung


Cukup sekian ilmu yang bisa saya bagikan, segalakekurangannya mohon di maafkan..
semoga bermanfaat untuk para bikers Sedunia.. Amiinn
Wassalamualaikum.............................................!


43 comments:

  1. Bang klo lasung aku sambung ke kabel bermasalah tidak ?

    ReplyDelete
  2. Ada yg bilang diganti soket berbahan keramik (punya mobil) lebih kuat apa benar?
    Klo ganti rumah soket,apakah sekun jg ganti? Trimakasih

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. bang mau tanya kalo masalah soket ini bisa ngefek ke aki ga? soalnya baru ganti aki langsung soak

    ReplyDelete
  5. jangan jangan motor ane socketnya kali ya....selalu mati bang

    ReplyDelete
  6. Ane udah ngalamin gosong 3x ,2x diganti soket pin6 alhasil gosong jg,terakhir pake terminal listrik alhamdulilah bertahan lumayan lama kabel jg adem pas mtor dinyalain...
    Mas @newbee oppo_ pengaruh sekali mas,karena cb pakenya arus DC (aki), apabila spull sbg penyuplai arus rusak otomatis gada yg ngecharge aki kan dan akhirnya tegangan berkurang#drop

    ReplyDelete
  7. Ane udah ngalamin gosong 3x ,2x diganti soket pin6 alhasil gosong jg,terakhir pake terminal listrik alhamdulilah bertahan lumayan lama kabel jg adem pas mtor dinyalain...
    Mas @newbee oppo_ pengaruh sekali mas,karena cb pakenya arus DC (aki), apabila spull sbg penyuplai arus rusak otomatis gada yg ngecharge aki kan dan akhirnya tegangan berkurang#drop

    ReplyDelete
  8. Udah ganti kabel soket sepul yg kebakar tp motor masih sering mati saat keadaan panas.. gmn tu?

    ReplyDelete
  9. Dan bagian soket sepul nya masih saja panas sekali saat mesin dikendarai.. bqgaimana gan?

    ReplyDelete
  10. Mtor saya juga bang sampai akirnya sambung langsung.aman gak bang

    ReplyDelete
  11. gan tanya kalo lampu redup,trus di cek tegangan dri kabel sepul langsung setrum nya tetap kecil apa nya yg prlu di ganti gan...tpi motor tetep normal trmasuk larinya,,mohon info gan trims

    ReplyDelete
  12. gan tanya kalo lampu redup,trus di cek tegangan dri kabel sepul langsung setrum nya tetap kecil apa nya yg prlu di ganti gan...tpi motor tetep normal trmasuk larinya,,mohon info gan trims

    ReplyDelete
  13. Gan ane mau tanya motor ane kalo pakai lampu dpn kok akinya tekor ya,setelah saya cek output strum nya knp 3,5volt satu kabel kuning,motor tmn ane tipe sama tahun sama voltase 6,8volt,apa itu gejala dari spull.matur suwun

    ReplyDelete
  14. Gan ane mau tanya motor ane kalo pakai lampu dpn kok akinya tekor ya,setelah saya cek output strum nya knp 3,5volt satu kabel kuning,motor tmn ane tipe sama tahun sama voltase 6,8volt,apa itu gejala dari spull.matur suwun

    ReplyDelete
  15. Saya baru ganti aki cdi kiprok tp q bawa jalangak ada 1 klo dah mti , sya cek kiproknya panas, knapa bsa begitu,

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Gan tolong di bantu
    Motor saya mau mati bila gas mau pol(putaran atas)karbu,businormal,pengapian normal,jadi apa kabel dari spul yang ada masalah dan cara memperbaiki nya gimana??tolong infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti punyaku tapi setelah diganti karbu enak ternyata karbu gak normal

      Delete
  18. bang kalo jalur soke kiproknya gimana?

    ReplyDelete
  19. bang kalo jalur soke kiproknya gimana?

    ReplyDelete
  20. Gan cari rumah soket spul bhan keramik nya dimana yah? Saya sudah cari di sparepart mobil tp pada gak ada tuh

    ReplyDelete
  21. permisi numpang tnya nih .. kalau motor vega zr yang karburator​ t sepul y paje sepul kering atau sepul basah. trus cara cek y masih bagus atau gak y g mna y

    yg tau tolong d jawab y

    terima kasih

    ReplyDelete
  22. permisi numpang tnya nih .. kalau motor vega zr yang karburator​ t sepul y paje sepul kering atau sepul basah. trus cara cek y masih bagus atau gak y g mna y

    yg tau tolong d jawab y

    terima kasih

    ReplyDelete
  23. permisi numpang tnya nih .. kalau motor vega zr yang karburator​ t sepul y paje sepul kering atau sepul basah. trus cara cek y masih bagus atau gak y g mna y

    yg tau tolong d jawab y

    terima kasih

    ReplyDelete
  24. Gan mohon di jawab ya gan kmren ada pertanyaan gan sama ane bagai mana cara kerja spul sampai dapat mengeluarkan arus, dan arus apa aja yg di keluarkan dari sepul, dan fungsi dan warna apa aja yg di dalam sepul

    ReplyDelete
  25. punya saya juga gtu bg, uda saya ganti soket nya tapi tetep panas, kata nya Sepul saya bermasalah uda gtu mesin cepat kali panas, dingin nya lama.
    kira2 kerusakan apa nya itu bg?
    mohon bantuan informasi nya bg.

    ReplyDelete
  26. gak bisa di pungkiri klo produk rakitan lokal emang kurang bagus...punyaku cb thn 2013 udah gosong 3x.sampe 2017 skrg belum ada solusi...

    ReplyDelete
  27. assalamualaikum
    sama ni gan ane jg cb150r 2013
    taun kmrn pas cek di bengkel soket spul gosong,kebetulan mereka ga da stock soket
    alhasil langsung sambung pake solatip dan cuma di tutupin sama rumahan nya yg karet
    tp dah beberapa hari ini motor susah hidup kalau baru di nyalain
    td di akalin untuk sambungan kabel penggnti soket akhirnya bisa nyala
    tapi saya yakin ga bakalan bertahan lama
    kira2 kalau sambung langsung kya gtu tanpa menggunakan soket aman ga yah
    takutnya ada hal yg jauh lebih parah nantinya gan
    tolong pencerahannya ya gan

    ReplyDelete
  28. Makasih infonya bg. Sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  29. Kalo soket kabel body ke kiprok gosong dikit masih utuh di cok ke kiprok baru baik pa gk...tapi saya idupin mesin pake stater káli láma lama kiprok panas semakin lama makin panas leting ma bell pun bunyi cuma starter tangan ja gk tű baik pa gk...

    ReplyDelete
  30. bang ane mau tanya
    klo kabel warna kuning yg dri spiul kan ada 3.
    kalo d sambung sembaranang g papa?
    mohon bantuan'y

    ReplyDelete
  31. mas saya mau tanya kalau misalnya kabel kuning ada 3 buah yg besar ada aturan pasangx ga mas... makasi

    ReplyDelete
  32. Mas, saya mau nanya tolong diberikan arahan yah, apa penyebab coil motor Tiger jebol???? Apakah karena socket spul yyg yang terkena air atau kah karena ada yg konslet dari kelistrikan nya??? Tolong solusinya kang.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Numpang jawab mas berdasarkan pengalaman. Itu dikarenakan soket berembun mungkin habis dicuci nggak kering, lalu cek kabel2 pengapian seperti kabel aki, koil, mungkin telanjang dan nempel ke body rangka. Pastikan kabel massa terpasang dgn benar (nempel ke rangka).

      Delete
  33. Kamis 11:00 03/01/2019
    Cb ane 2013 hitam barusan juga mati mendadak lagi gaes kirain akinya yang sudah tekor karena sudah 5 tahun ya beli lah aku aki baru setelah terpasang ,esok harinya saya pake mati mendadak dan jauh dari bengkel saya gandeng lah dgn jalan kaki,tiba di bengkel konvensional di cek lah dan ketemu sebabnya yaitu dengan ditemukan socket soul yg dibungkus karet tepat di bawah tangki sebelah kiri,diganti dengan pin 6 socket imitasi semua mahar saya tebus dengan nilai Rp 58rb.semoga awet gaes nggak timbul masalah lagi.

    ReplyDelete
  34. Ane juga gitu..kata bengkel aki..eh diganti aki itungan 2 jam koit..mrebet ke benkel swbelah kiprok..si beliin kiprok..maaih juga mrebet..cape dech..

    ReplyDelete
  35. Ane juga gitu..kata bengkel aki..eh diganti aki itungan 2 jam koit..mrebet ke benkel swbelah kiprok..si beliin kiprok..maaih juga mrebet..cape dech..

    ReplyDelete
  36. Kalau wayar yang warna kuningnya ketukar gimana tu bos? Itu jadi masalah gak?

    ReplyDelete
  37. Mohon penjelasannya
    Sy sdh ganti soul sama koprok yg original,setelah di pasang spul dan koprok malah panas berlebihan , itu di karenakan apa EA?

    ReplyDelete
  38. Bang bantu bang susunan nya terpotong blm kutandai ,binggunng nyambung warna kuning nya yang 3 ni bang,

    ReplyDelete
  39. Bang it gmn cra bikinya sy msh binggung klo sy pnya jga gosong cuma sya smbung lngsung

    ReplyDelete